Semua pelayanan GRATIS (tidak dipungut biaya)

Mountain
*Selama pandemi covid 19, jam pelayanan 08.00 - 11.00

Jenis Pelayanan

  1. Dokumen Kependudukan
  2. Dokumen Pencatatan Sipil


Kartu Keluarga (KK)

  1. Persyaratan Umum
    • Setiap Kepala Keluarga wajib memiliki Kartu Keluarga.
    • Dalam Kartu Keluarga dicatat data Kepala Keluarga dan data semua anggota keluarga.
    • Kartu Keluarga ditanda tangani oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
  2. Persyaratan Administrasi
    • Mengisi formulir P4B dari Desa/Kelurahan.
    • KK Lama( apabila rusak atau ada perubahan) / bukti kehilangan dari POLRI ( apabila hilang ).
    • Foto copy surat nikah, akta cerai.
    • Foto copy akta kelahiran atau surat kelahiran dari Desa/Keluarahan.
    • Foto copy pendukung lainnya.
  3. Jangka waktu penyelesaian : maks 3 hari


Kartu Tanda Penduduk (KTP)

  1. Persyaratan Umum
    • Setiap penduduk yang telah berusia 17 tahun atau telah / pernah menikah wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk.
    • Setiap penduduk hanya memiliki satu Kartu Tanda Penduduk.
    • Kartu Tanda Penduduk berlaku seumur hidup, ketentuan tersebut hanya beraku bagi Warga Negara Indonesia.
    • Kartu Tanda Penduduk Warga Negara Asing diberikan keterangan WNA.
  2. Persyaratan Administrasi
    • Foto copy KK.
    • KTP Lama ( apabila rusak atau ada perubahan ) / bukti kehilangan dari POLRI ( apabila hilang ).
    • Sudah melakukan perekaman di Kecamatan masing-masing dengan dibuktikan adanya stempel telah melakukan perekaman di Kecamatan. ( apabila belum pernah punya KTP-el )
  3. Jangka waktu penyelesaian : maks 1 hari


Kartu Identitas Anak (KIA)

  1. Persyaratan penerbitan KIA baru
    • KIA diberikan kepada penduduk WNI dan anak dari Orang Asing yang memiliki ijin tinggal tetap, yang berusia 0 sampai 17 tahun kurang 1 hari dan belum pernah kawin/ menikah.
    • Foto copy Kutipan Akta Kelahiran.
    • Foto copy KK terbaru.
    • pas foto ukuran 3 x 4 cm sebanyak 1 lembar bagi anak usia diatas 5 tahun sampai usia 17 tahun kurang 1 hari.
    • Foto copy ijin tinggal tetap bagi anak Orang Asing.
  2. Persyaratan penerbitan KIA karena hilang/rusak
    • Surat keterangan hilang dari Desa/KIA yang rusak.
    • Foto copy KIA yang hilang.
    • Foto copy Kutipan Akta Kelahiran.
    • Foto copy KK terbaru.
    • Foto copy ijin tinggal tetap bagi anak Orang Asing.


Surat Keterangan Pindah Keluar

  1. Persyaratan
    • Kartu Keluarga Asli dan Fotocopy 5 lembar.
    • Pengantar Pindah dari Desa / Kecamatan.
    • Pas Foto 3 x 4 = 5 Lembar.
    • Biodata Penduduk.
    • Pendukung lainnya ( surat nikah, akta cerai ).
  2. Jangka waktu penyelesaian : maks 3 hari

Akta Kelahiran Pokok/Umum

  1. Persyaratan Umum
    • Anak yang lahir tidak lebih dari 60 hari kerja;
    • Lahir di wilayah Kabupaten Tulungagung maupun luar Kabupaten Tulungagung (azas domisili);
    • WNI, WNA;
    • Orang tua harus penduduk Kabupaten Tulungagung.
  2. Persyaratan Administrasi
    • Asli Surat Keterangan Persalinan / Kelahiran;
    • Asli Tripiklat / Surat Keterangan Kelahiran dari Desa / Kelurahan;
    • Foto copy Akta Nikah orang tua;
    • Foto copy Kartu Keluarga (KK) orang tua, yang dicarikan Akta harus sudah masuk dalam daftar Kartu Keluarga (KK);
    • Foto copy KTP orang tua dan 2 (dua) orang saksi (umur saksi paling sedikit 21 tahun);
    • Surat Kuasa bermeterai Rp. 6000,- dan foto copy KTP yang diberi kuasa apabila dikuasakan;
    • Menunjukkan dokumen aslinya.
  3. Jangka waktu penyelesaian : maks 3 hari

Akta Kelahiran Terlambat (lebih dari 60 hari)

  1. Persyaratan Umum
    • Anak yang lahir usia lebih dari 60 hari kerja sejak kelahirannya.
    • Lahir di wilayah Kabupaten Tulungagung maupun luar Kabupaten Tulungagung;
    • WNI, WNA;
    • Penduduk Kabupaten Tulungagung.
  2. Persyaratan Administrasi
    • Asli Tripiklat / Surat Keterangan Kelahiran dari Desa / Kelurahan;
    • Foto copy Akta Nikah atau Duplikat Akta Nikah orang tua;
    • Foto copy Kartu Keluarga, yang dicarikan Akta harus sudah masuk dalam daftar Kartu Keluarga (KK);
    • Foto copy KTP orang tua dan 2 (dua) orang saksi, yang masih berlaku.
    • Menunjukkan dokumen aslinya.
  3. Jangka waktu penyelesaian : maks 3 hari


Mountain

Akta Kematian Pokok

  1. Persyaratan Umum
    • Batas waktu pelaporan tidak lebih dari 30 hari
    • Kematian berada di wilayah Kabupaten Tulungagung/diluar Kabupaten Tulungagung
    • Penduduk Kabupaten Tulungagung
  2. Persyaratan Administrasi
    • Surat Kematian dari Kelurahan/Desa
    • Foto copy Akta kelahiran dan Akta Perkawinan yang bersangkutan
    • Foto copy Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk yang bersangkutan
    • Foto copy Kartu Tanda Penduduk pelapor
    • Foto copy KTP 2 orang saksi
    • Surat Keterangan Ganti Nama (bila ada)
    • STMD / Imigrasi (WNA)
    • Surat kuasa diatas materai Rp. 6.000,- bagi yang dikuasakan
    • Menunjukkan dokumen aslinya.
  3. Jangka waktu penyelesaian : maks 3 hari

Akta Kematian Terlambat

  1. Persyaratan Umum
    • Batas waktu pelaporan lebih dari 30 hari
    • Kematian berada di wilayah Kabupaten Tulungagung/diluar Kabupaten Tulungagung
    • Penduduk Kabupaten Tulungagung
  2. Persyaratan Administrasi
    • Surat Kematian dari Kelurahan/Desa
    • Foto copy Akta kelahiran dan Akta Perkawinan yang bersangkutan
    • Foto copy Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk yang bersangkutan
    • Foto copy Kartu Tanda Penduduk pelapor
    • Foto copy KTP 2 orang saksi
    • Surat Keterangan Ganti Nama (bila ada)
    • STMD / Imigrasi (WNA)
    • Surat kuasa diatas materai Rp. 6.000,- bagi yang dikuasakan
    • Menunjukkan dokumen aslinya.
  3. Jangka waktu penyelesaian : maks 3 hari


Mountain

Akta Perkawinan Non Muslim

  1. Persyaratan Umum
    • Perkawinan yang dicatatkan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil adalah bagi mereka yang pelaksanaan perkawinannya dilaksanakan secara agama Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu.
    • Bagi WNA, pencatatan Perkawinan tetap dilaksanakan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.
  2. Persyaratan Administrasi
    • Foto copy Surat Pemberkatan Perkawinan menurut agama
    • Kutipan Akta Perceraian bagi yang pernah cerai hidup
    • Foto copy Kutipan Akta Kematian Suami / Istri bagi duda/janda yang cerai mati
    • Dokumen Imigrasi bagi WNA
    • Izin rekomendasi Kedutaan / Perwakilan Negara yang bersangkutan bagi WNA
    • Pengantar dari Desa / Kelurahan Model N1, N2, N3, N4
    • Foto copy Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) mempelai, Kartu Tanda Penduduk (KTP) Orang Tua dan 2 orang saksi
    • Foto copy Kutipan Akta Kelahiran kedua mempelai
    • Surat izin Komandan bagi anggota TNI / POLRI
    • Surat Izin Orang tua / Penetapan Pengadilan bagi mempelai yang belum cukup usia sesuai Undang-Undang
    • Pas foto ukuran 4x6 cm sebanyak 6 lembar (berdasi, berdampingan)
    • Foto copy surat Baptis atau pengakuan umat
    • Surat keterangan Ganti nama (jika punya)
    • Surat keterangan sehat dari dokter pemerintah
    • Surat keterangan belum pernah menikah / rekomendasi menikah dari Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil (mempelai dari luar kota/kabupaten)
  3. Jangka waktu penyelesaian : maks 3 hari


Mountain

Akta Perceraian Non Muslim

  1. Persyaratan Umum
    • Perceraian yang dicatatkan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil adalah bagi mereka yang perkawinannya dilaksanakan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
    • Pencatatan Perceraian dilaksanakan setelah adanya penetapan dari Pengadilan Negeri.
  2. Persyaratan Administrasi
    • Putusan Pengadilan tentang penetapan perceraian yang sudah berkekuatan hukum tetap
    • Kutipan Akta Perkawinan yang bersangkutan (asli)
    • Dokumen Imigrasi bagi WNA
    • Foto copy Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang bersangkutan
    • Pas foto ukuran 4x6 cm sebanyak 4 (empat) lembar.
  3. Jangka waktu penyelesaian : maks 3 hari


Mountain

Akta Pengakuan Anak

  1. Persyaratan Umum
    • Anak lahir diluar ikatan perkawinan sah yang mempunyai hubungan hukum dengan ibunya / keluarga ibunya.
    • Ayah dan ibu secara biologis mengaku sebagai ayah dan ibunya, dengan membuat surat pernyataan.
  2. Persyaratan Administrasi
    • Surat pengantar dari RT, RW, dan Lurah / Kepala Desa.
    • Foto copy dan menunjukkan asli KK dan KTP orang tua / SKTT bagi WNA Penduduk Sementara.
    • Foto copy dan asli KTP pelapor, bila dikuasakan dengan melampirkan surat kuasa bermaterai sesuai aturan yang berlaku.
    • Surat pernyataan pengakuan anak dari ayah kandung dengan persetujuan ibu kandung dari anak yang bersangkutan.
    • Foto copy dan asli kutipan Akta Kelahiran orang tua.
    • Foto copy dan asli kutipan Akta Kelahiran anak.
    • Dokumen imigrasi sesuai ketentuan yang berlaku bagi WNA.
    • Surat Keterangan Lapor Diri (SKLD) dari kepolisian bagi WNA.
  3. Jangka waktu penyelesaian : maks 3 hari


Mountain

Akta Pengesahan Anak

  1. Persyaratan Umum
    • Anak lahir diluar ikatan perkawinan sah dan anak yang diakui.
    • Ayah dan ibu secara biologis yang dapat mengesahkan anaknya.
    • Kedua orangtuanya melaksanakan pencatatan perkawinan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
    • Bila pelaksanaannya dilaporkan setelah proses pencatatan perkawinan orang tua dimaksud telah selesai, maka untuk pengesahan anak melalui Keputusan Pengadilan Negeri.
  2. Persyaratan Administrasi
    • Surat Pengantar dari RT, RW, dan Lurah / Kepala Desa.
    • Foto copy dan menunjukkan asli KK dan KTP orang tua / SKTT bagi WNA Penduduk Sementara.
    • Foto copy dan asli KTP pelapor, bila dikuasakan dengan melampirkan surat kuasa bermaterai sesuai aturan yang berlaku.
    • Surat pernyataan pengakuan anak dari ayah kandung dengan persetujuan ibu kandung dari anak yang bersangkutan.
    • Foto copy dan asli kutipan Akta Kelahiran orang tua.
    • Foto copy dan asli kutipan Akta Kelahiran anak.
    • Dokumen imigrasi sesuai ketentuan yang berlaku bagi WNA.
    • Surat Keterangan Lapor Diri (SKLD) dari kepolisian bagi WNA.
  3. Jangka waktu penyelesaian : maks 3 hari


Pencatatan Pengangkatan Anak

  1. Persyaratan Umum
    • Anak angkat adalah anak yang bukan anak kandungnya tetapi diperlakukan seperti anak kandung.
    • Pengangkatan anak dikukuhkan dengan penetapan dari pengadilan negeri.
    • Dalam akta pengangkatan anak, nama orang tua kandung dan nama orang tua angkat tercantum dalam akta tersebut.
  2. Persyaratan Administrasi
    • Surat Pengantar dari RT, RW, dan Lurah / Kepala Desa.
    • Foto copy dan menunjukkan asli KK dan KTP orang tua / SKTT bagi WNA Penduduk Sementera.
    • Foto copy dan asli KTP pelapor, bila dikuasakan dengan melampirkan surat kuasa bermaterai sesuai aturan yang berlaku.
    • Foto copy dan asli kutipan Akta Nikah / Perkawinan orang tua angkat.
    • Foto copy dan asli kutipan Akta Kelahiran orang tua angkat, bagi orang tua angkat yang belum kawin, duda atau janda.
    • Foto copy dan asli kutipan Akta Kelahiran Anak Angkat.
    • Foto copy dan asli Surat Keputusan Pengadilan Negeri.
    • Dokumen Imigrasi sesuai ketentuan yang berlaku bagi WNA.
    • Surat Keterangan Lapor Diri (SKLD) dari kepolisian bagi WNA.
  3. Jangka waktu penyelesaian : maks 3 hari


Pencatatan Perubahan Nama

  1. Persyaratan
    • Surat pengantar dari RT, RW, dan Lurah / Kepala Desa.
    • Surat Penetapan Perubahan Nama dari Pengadilan Negeri atau Pejabat yang berwenang.
    • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian.
    • Akta Kelahiran.
    • Akta Perkawinan.
    • Kartu Keluarga dan KTP bagi yang wajib KTP atau yang pernah kawin.
  2. Jangka waktu penyelesaian : maks 3 hari

Surat Keterangan Pencatatan Sipil

  1. Jenis Surat Keterangan Pencatatan Sipil
    • Surat Keterangan belum terdaftar di Dispenduk dan Catatan Sipil bagi kelahiran yang sudah terlambat khususnya bagi WNA, untuk dimintakan Penetapan dari Pengadilan Negeri.
    • Surat Keterangan belum pernah kawin sebagai persyaratan bekerja di luar negeri.
  2. Persyaratan
    • Surat pengantar dari kelurahan dan diketahui oleh Camat, asli.
    • Untuk persyaratan sidang di Pengadilan Negeri bagi kelahiran yang terlambat harus disertai persyaratan untuk pendaftaran kelahiran.
    • Foto copy KTP dan KK.
    • Foto copy Surat Ganti Nama bagi yang memiliki.
    • Foto copy Pasport / SKLD / KITAP bagi WNA (legalisir).
    • Surat Kuasa bermaterai Rp. 6.000,- bagi yang dikuasakan.
  3. Jangka waktu penyelesaian : maks 3 hari

Mekanisme Pengaduan Masyarakat

Mountain